today: Hari Tanpa TV!!!

suatu hari sepulang dari sekolah seorang anak hendak menyalakan tivi di rumahnya. penat dan bete sudah menggendoli kepalanya yang kepanasan, pengap, dan berdebu kena kabut hitam di jalanan. tanpa melepas segala atribut penyeragaman pakaian yang harus dia pakai tiap hari kalo gak pengen olahraga angkat satu kaki selama beberapa menit atau jam, atau malah olahraga otak buat mengakali para pakar ilmu pengetahuan yang ditaktor di sekolahnya.

baru beberapa menit dari cahaya kotak gambar berbunyi itu berpendar, sang ibu sudah meneriaki dari kamar,

“matikan tivi nya!!! tak baik kamu terlau banyak menonton tivi!! lagian ini bukan jam tayangan buat umur sekecil kamu!!!”

si anak menjawab dengan kesal.

“ah, emak ini.tak tahukah aku butuh hiburan. guru di sekolah tadi bikin bete!!!”

ibunya menjawab,,

“kalo butuh hiburan,,maenlah di luar sana! jaman aku kecil, aku biasa maen ke rumah teman. atau bermain apalah,,layangan, atau ke sawah sana!!”

anak menyahut,

“lho emak ini gimana. tanah sawah di pinggir itu kan udah digusur mak. tu lagi ditimbunin pake tanah,,mo dibangun rumah rumah guede katanya…”

ibunya baru ingat.  lupa. padahal baru beberapa minggu dapet duit ganti yang udah abis buat bayar utang sana sini.

“ya maen layangan sana!!”

si anak tambah cemberut.

“maen di manaaaaaa…. di jalan??? mau aku tertabrak mobil mak?? ntar nyangkut nyangkut juga layanganku di kabel kabel yang di atas itu… di gang?? mau aku dimarah marahin sama orang lewat,,dianggap anak nakal, gak tau aturan maen layangan di gang sempit begitu. emak juga yang malu….”

hhh……iya juga ya….., batin emaknya.

“y udah maen aja di taman sana!”

si anak tambah gak abis pikir sama emaknya satu ini.

“taman mana yang emak maksud?? di daerah kita ini emang masih ada taman yang bisa buat maen maen ma anak kecil kaya aku ini. yang ada juga buat orang pacaran itu mak. kemaren aku liat tu,, ada cewek cowok lagi bedua dua gitu mak, di bawahnya pohon sirsak. ato kalo gak taman yang buat banci banci itu mak. kemaren aku di towel towel di sana. emak mau aku di colek colek gitu mak sama banci. mak gak takut aku ktularan jadi banci……??  yang di sana, yang di ujung itu, kemaren katanya malah tamannya mo dibangun mall mak,,itu tuh,toko yang guedeeeeeeee bangetttt…..”

si ibu menghela napas. hhh… apa lagi ya…yang bisa bikin anaknya gak nonton tivi.

“ya udah,,maenlah ke rumah teman teman kamu…..”

hakakakakkk……

si anak ketawa.

” ya sama aja mak, sampe sana yang ada mereka nonton tivi pula.gak ada lagi yang bisa dikerjain.”

akhirnya si anak memutuskan,,

“mak,,aku maen ding dongan aja ya kalo gitu daripada nonton tiviiii…….”

si ibu kaget.

“eeeeeeeeee,,,,,,ya udah…ya udah…. kamu nonton tivi aja………………… tapi pilih yang acaranya bagus ya.jangan yang aneh aneh. emak mau setrika dulu ini, masih banyak, punya nyonya yang kaya di ujung sana  itu….”

heheheh. si anak nyengir. sambil duduk di depan tivi dengan jarak antara biji mata ma layar gak selebar daun kelor,,dia mulai menikmati tontonannya. di kotak gambar berbunyi itu ada orang-orang lagi dangdut ria,,goyang gembol sampe goyang pegol,,penontonnya goyang goyang juga, dari mulai goyang pinggul mpe goyang jempol,,……

sore tiba.

saatnya mandi.

kemudian lanjut sudah,,menonton cerita cerita keren,,karena banyak mobil keren dan betis keren, yang judul ceritanya mirip judul dongeng yang pernah diceritain ibunya sebelum tidur jaman dia masih suka meler kemana mana ingusnya,,masih ngompolan,, “upik labu dan laura si anak bule”

***

Iklan

~ oleh dpporicrazy pada Juli 20, 2008.

13 Tanggapan to “today: Hari Tanpa TV!!!”

  1. Bener-bener suatu simalakama 😀

  2. ya, ya, ya. mau apa lagi selain nonton tipi?

  3. saya gak nonton tipi, tapi sama aja toh, soalnya kita buka laptop.
    maksudnya hari tanpa tv kan salah satu nya biar berhemat listrik, ya gak …

  4. lha… ya kalo dibandingin listrik buat tivi sama buat laptop.. aku gak tau mana yang lebih boross… hekekekekk….

  5. laptop itu cuman 65Watt klo gak salah

  6. Peran ortu emang penting buat perkembangan anak…sementara jadi ortu jaman sekarang ini tantangannya semakin berat…fiuhh…

  7. saya gak nonton tipi. tapi nonton video streaming di laptop. beda khan??

    *ngekek*

  8. Yang sering lupa disampaikan dalam banyak kampanye. Pilihan …

  9. iya. sebenernya bukan itu aja. tapi gimana semuanya harus beriringan. gak ada tivi ya harusnya diiringi ada sarana prasarana buat anak anak ini berkreasi.
    mungkin memang belum saatnya buat masyarakat kecil dapet kampanye ini.
    lalu,,kapan???

  10. hehehe…bener banget artikelnya 😀

    Kalo jaman sekarang, anak2 udah bingung cari tempat main.
    Yang di desa mungkin masih ga masalah. Lha yang di kota2, yang rumahnya dempet2, yang sungai sama selokan udah ga bisa dibedain, yang ada cuma mall dan game centre. Parah juga ya ternyata?

    *baru nyadar gitu

  11. hari tanpa tivi? sucks. I mean, COME ON! Who do they think they’re fooling? :p

  12. Mungkin lebih tepatnya bukan hari tanpa TV..

    Tapi hari TANPA SINETRON! 😀

  13. hekekkekkk….
    menurut penelitian,,sebenernya yang ideal nonton tivi itu buat anak anak maksimal 2 jam sehari.itu juga harus yang selektip.
    gituh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: